Cara Membuat Bakso Sayur

Selamat datang para pembaca yang luar biasa, bagaimana kabar bisnis Anda hari ini? Bahagia rasanya kita bisa bertemu kembali pada kesempatan yang berbahagia ini. Puji syukur semoga selalu kita ucapkan kepada Tuhan yang Maha Esa.

Pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi sebuah pandangan mengenai peluang bisnis makanan, yaitu usaha bakso yang mencakup tentang bagaimana cara bakso dibuat dan tips sukses bisnis bakso untuk pemula.

Bakso adalah satu diantara jenis makanan yang cukup populer di mulut masyarakat Indonesia, hampir seluruh daerah di Indonesia pasti tersedia makanan yang satu ini. Sekarang ini bisnis bakso pun sangat banyak dan menjamur di setiap tempat, terlebih tidak jarang diantara para pelaku usaha masakan sekarang ini menyajikan bakso sebagai hidangan andalannya.
Sejarah Bakso

Sajian bakso mempunyai hubungan erat dengan makanan Tionghoa-Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan kata ‘bakso’ itu sendiri. Istilah bakso asalnya dari kata Bak-So, istilah bakso pada kamus bahasa Hokkien mempunyai arti ‘daging giling’. Di kampung halamannya yaitu Cina, bakso terbuat dari daging babi, hewan laut dan lain-lain.

Sedangkan di Indonesia sendiri, karena kebanyakan masyarakat Indonesia ialah orang islam, maka bakso yang diolahpun bersumber dari daging yang dihalalkan seperti daging sapi, ikan, atau ayam.

Kebanyakan dari penjual bakso yang kita temui sekarang ini adalah pembisnis yang berasal dari Wonogiri atau Malang. Meskipun, daerah yang sekarang ini terkenal sebagai pusat pembuatan bakso ialah Solo dan Malang.
Untuk pembisnis bakso yang datang dari Malang, patut kita acungkan 4 jempol. Mengapa? Karena berkat kerja keras dan semangat merekalah, kita dapat menikmati lezatnya bakso Malang di rumah, tanpa perlu keluar rumah. Karena mereka sering menawarkan jualannya di lingkungan sekitar rumah kita.

Bakso Malang dan bakso Solo ialah sebuah masakan bakso yang dihidangkan dengan ramuan khas resep Jawa. Bakso yang berasal dari China berbeda dengan bakso Malang ataupun Solo.

Bakso China umumnya terbuat dari daging babi atau hewan laut serta warnanya agak kecokelatan serta bentuknya tidak bulat layaknya yang kita lihat di Indonesia. Sedangkan bakso Malang dan Solo dibuat dari daging sapi, sehingga terciptalah bakso yang khas dengan corak abu-abu serta berbentuk bulat.

Baca juga  Membuka Usaha Kopi Tubruk Beserta Tips Memulainya
Bakso China umumnya tidak disajikan dengan kuah yang melimpah, lain halnya dengan hidangan bakso Malang dan bakso Solo yang sering kita temui di Indonesia. Kedua kuliner tersebut baik itu bakso Solo maupun bakso Malang, dalam setiap mangkoknya akan hidangkan dengan kuah yang melimpah.

Akhir-akhir ini, makanan berbahan bakso semakin banyak macamnya, mulai dari bakso bakar, bakso goreng, bakso tusuk, bakso ikan, bakso cumi, bakso ayam dan masih banyak lagi jenis lainnya, sesuai dengan bahan dasar yang Anda olah.
Enak atau tidaknya bakso yang Anda buat, tergantung dengan bahan-bahan yang kita pilih. Pastikan bahan-bahan yang kita gunakan adalah bahan yang berkualitas dan berlebel halal.
B. Cara Membuat baksonya
Bahan Bakso :

· 5 ons daging segar
· 50 gr tepung kanji
· 0,5 sdt lada halus
· 1 sendok teh garam, sesuai selera
· 1 sdm bawang putih goreng
· 2 sdm bawang merah goreng
· 40 gr es batu, hancurkan
· 2 gelas air sebanyak 2000 ml
1. Campurkan bahan bakso kedalam baskom. Campur dengan tangan biasa atau lewat bantuan alat pencampur, seperti food processor yang tersedia di Ramesiamesin.com.

Sumber : https://ramesia.com/cara-membuat-bakso-sayur/
https://ramesia.com/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Sari Buah Menjadi Serbuk

Menilik Potensi Usaha Franchise Minuman Teh Air Mata Kucing

Mesin Sealer Plastik Hand Sealer